Rabu, 31 Agustus 2011

PERFORMANCE ART : Suspended Movement . with Asean Pasific Youth Assembly in Bundaran Hotel Indonesia




JAKARTA - Bundaran Hotel Indonesia terasa berbeda pada hari Minggu, 14 Agustus 2011. Bukan saja karena sepinya Car Free Day di bulan puasa, tapi karena hadirnya Asean Youth Pasific Assembly (APYA) bersama BSD Artmovement yang melakukan propaganda dan aksi menjelang Green Carnival yang diadakan The London School of Public Relations (LSPR) , pada tanggal 10 September mendatang.

Pagi itu pukul 07.00, Jalan Jenderal Sudirman diramaikan oleh sekelompok pemuda dan pemudi berbaju serba hijau membawa poster dan melakukan march dari Gedung LSPR di Sudriman Park, menuju Bundaran Hotel Indonesia

Setibanya di Bundaran HI, mereka berkolaborasi dengan BSD Artmovement untuk melakukan Performance Art untuk menggerakan Green Campaign menjelang acara Green Carnival

Seniman dari BSD Artmovement yaitu Ikki Witjaksono dan Iqbal Prasmanjaya melakukan hal yang memperangah pengunjung Car Free Day, yaitu dengan Body Painting dan membuat Lingkaran Kaos di depan Bundaran HI.

Ikki menganalogikan dirinya menjadi Si Bumi yang tersiksa, dan melakukan pertahanan secara mekanikal yang membuatnya merintih dengan tegangan-tegangan mechanical locking movement. Sedang iqbal menganalogikan dirinya adalah keganasan manusia yang serakah dan buas. Dengan gerakan Tribal Break, menjadikan manusia lebih terlihat lebih 'buas dan liar' dalam melakukan serangan dan agresi ke bumi. Dibandingkan bumi itu sendiri, yang telah terperangkap dalam teknologi mekanikal yang membatasi dirinya untuk bertahan.

"Bumi dan Manusia saling melancarkan pertahanan dan serangan, hingga akhirnya tidak ada yang tersisa dari keduanya."

Pagi itu pun usai, tetapi kami akan kembali beraksi di GREEN CARNIVAL di London School of Public Relations, 10 September 2011 mendatang.

Tunggu Kelanjutan Kisahnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar